RAPAT PERSIAPAN AKREDITASI PROGRAM STUDI STAI SILIWANGI GARUT

Kabar Siliwangi – Rabu, 11 Agustus 2021 bertempat di Aula Rapat STAI Siliwangi Garut, seluruh staf dan Jajaran Dosen di dampingi Ketua STAI Siliwangi Garut, melaksanakan Rapat Internal Persiapan Akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Agenda rapat yang dibahas menyangkut teknis pelaksanan, pembagian tugas, validasi instrumen yang telah dilaporkan serta cek dokumen asisment lapangan.

Akreditasi sendiri merupakan proses penilaian secara keseluruhan dengan tujuan untuk meninjau mutu, kualitas dan kapabilitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi.

Sampai hari ini STAI Siliwangi Garut telah memiliki 3 program studi antara lain:

S1 – Pendidikan Agama Islam (PAI)

S1 – Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

S1 – Perbankan Syariah.

Dua dari tiga program studi tersebut, yakni Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Perbankan Syariah telah melalui proses akreditasi pada tahun 2019 dan baru akan diakreditasi ulang pada tahun 2024 mendatang. Sedangkan untuk prodi Pendidikan Agama Islam masa berlaku status akreditasi telah kadaluarsa sejak Oktober 2019, dan sejak masa berlakunya habis sudah diajukan kembali permohonan reakreditasi ditahun sama yang ke BAN PT. Setelah menunggu komfirmasi persetujuan, Alhamdulillah di tahun 2021 ini, proses pengajuan sudah dikomfirmasi dan hanya tinggal menunggu penjadwalan Asismen lapangan (AL).

Dalam rapat ini, Ketua STAI Siliwangi Garut, Illa Susanti, M.Pd., mengingatkan bahwa proses persiapan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan semua semua usaha yang sudah dilakukan, dan sebagai langkah dini untuk meminimalisir segala kesalahan dan kekekurangan bukti asismen yang dibutuhkan. Karena target yang ingin diperoleh untuk kegiatan akreditasi ini adalah meningkatkan peringkat akreditasi yang sebelumnya B menjadi A, atau minimal memepertahankan peringkat sebelumnya yakni B (Baik Sekali). Beliau juga menegaskan bahwa dalam upaya mewujudkan harapan tersebut, tentu diperlukan usaha yang kuat dan kerjasama yang solid dengan semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *